Masjid Berusia Lebih Dari 1.300 Tahun

Masjid Berusia Lebih Dari 1.300 Tahun

Masjid dalam arti literal adalah tempat beribadah bagi umat Islam, dan dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan Masjid. Hampir setiap negara di dunia memiliki beberapa masjid tertua yang tidak hanya bertahan dari kerusakan waktu tetapi juga entah bagaimana berhasil tampil cantik dan menakjubkan hingga saat ini. Beberapa dari mereka bahkan berusia lebih dari 1.300 tahun dalam sejarah.

Semua masjid ini dapat dengan mudah dikunjungi jika seseorang berencana untuk menghabiskan sedikit hari raya Islam di tempat-tempat yang memiliki makna religius tinggi ini.

1. Masjid al-Haram: Mekkah, Arab Saudi

Masjid al-Haram atau Masjid Agung Mekkah adalah masjid tertua dan terbesar di dunia. Setiap Muslim diwajibkan untuk melakukan lima ritual wajib dalam Islam selama hidupnya dan menunaikan ibadah Haji mengunjungi Ka’bah yang dikelilingi oleh Masjidil Haram, adalah salah satunya. Sebagai ritual harian pula, umat Islam menghadap ke arah Ka’bah di Mekah saat melakukan Sholat atau sholat.

2. Masjid Quba: Madinah, Arab Saudi

Setelah kedatangan Nabi Muhammad (SAW) ke Keutamaan Madinah, fondasi Masjid Quba diletakkan. Meskipun mengalami renovasi besar-besaran pada abad ke-20, sebuah bangunan baru dibangun di tempatnya yang dirancang oleh arsitek Mesir Abdel-Wahed. Masjid ini tetap dibanjiri jamaah sepanjang tahun dari seluruh penjuru dunia terutama di bulan Ramadhan yang saleh.

3. Al-Masjid al Nabawi: Madinah, Arab Saudi

Masjid paling terkenal kedua dan juga situs paling suci setelah Masjid al-Haram adalah Al-Masjid al Nabawi. Itu terletak di sebelah rumah Nabi Muhammad (SAW). Masjid ini juga berfungsi sebagai pusat komunitas, pusat keagamaan, dan pengadilan. Masjid ini juga merupakan tempat di Jazirah Arab yang pertama kali memperkenalkan lampu listrik pada tahun 1909. Alasan utama mengunjungi Masjid ini, masih tetap ada kaitannya dengan kehidupan Nabi Muhammad (SAW).

4. Masjid al-Qiblatayn: Madinah, Arab Saudi

Masjid al-Qiblatayn adalah satu-satunya masjid di dunia yang memiliki lebih dari satu Mihrab atau relung sholat. Itu adalah satu-satunya tempat di mana semua jamaah mengubah arah sholat mereka ketika Nabi Muhammad (SAW) menerima perintah ilahi (Wahi). Dengan demikian, tempat ini memiliki dua relung sholat / kiblat, yang juga menunjukkan ke arah namanya – Qiblatayn.

5. Masjid Huaisheng: Guangzhou, Cina

Masjid pertama yang dibangun di luar Jazirah Arab adalah Masjid Huaisheng atau Masjid Mercusuar. Masjid ini disebut masjid Mercusuar karena menara bundar setinggi 36 meter itu berfungsi sebagai suar bagi para pelaut. Masjid ini dibangun kembali pada tahun 1350 dan dibangun kembali pada tahun 1695.

6. Masjid Jawatha: Al-Kilabiyah, Arab Saudi

Masjid Jawatha dibangun oleh anggota suku Bani Abdul Qays, yang merupakan penonton kebangkitan Islam. Jemaat Islam paling banyak kedua berlangsung di masjid ini, yang pertama diadakan di masjid Nabi. Beberapa sejarawan juga percaya bahwa Haji Al Aswad atau Hajar Aswad yang dicuri oleh Qarmati disimpan di dalam Masjid Jawatha selama lebih dari 20 tahun. Untuk menjelajahi masjid yang indah ini dan banyak tempat seperti itu di dalam dan sekitar Arab Saudi, seseorang dapat memesan berbagai paket wisata Islami .

7. Masjid al-Kufa: Kufah, Irak

Menjadi tempat kunjungan kuno dan terpenting di Kufah-Irak, Masjid al-Kufah dianggap sebagai salah satu masjid terbesar di dunia Islam. Untuk Syiah, ia berada di urutan keempat dalam kesakralannya setelah Masjid Al Haram, Masjid Nabi (SAW) di Madinah dan Masjid e Aqsa di Yerusalem.

Dipercaya bahwa atas saran Salman al-Farsi (RA) ketika Muslim pertama kali memasuki Kufah pada periode Sa’d bin Abi Waqqas, masjid dibangun kembali. Saat ini, bagian dalam masjid dihiasi dengan ayat-ayat Alquran. Juga diyakini bahwa Ali Ibn Abi Thalib (RA) tewas dalam mihrabnya di masjid ini.

8. Masjid Al-Aqsa: Yerusalem

Juga dikenal sebagai Bayt al-Muqadas, ini adalah situs keagamaan paling dikenal ketiga dalam Islam dan terletak di Yerusalem. Al Aqsa terdiri dari kubah perak Batu, empat menara, dan tujuh belas gerbang. Tur Al Aqsa akan membawa Anda ke situs masjid yang terbentang di atas lahan seluas 35 hektar ini. Situs masjid di kota tua Yerusalem, tempat kompleks masjid ini berada, telah dipilih sebagai situs Warisan Dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

9. Masjid Jamia Banbhore: Pakistan

Masjid ini adalah yang tertua di Pakistan yang terletak di distrik Banbhore dan untuk mengunjungi masjid terkenal ini, banyak agen perjalanan yang menawarkan penerbangan murah ke Pakistan. Masjid kuno yang dibangun pada tahun 727 M ini sekarang menjadi reruntuhan. Zaman ketika Masjid ini dibangun sama dengan saat Sindh ditaklukkan dan Islam menjadi agama terbesar di daerah sekitarnya karena banyak orang menerima Islam. Masjid ini terletak di distrik Thatta, 65 kilometer dari Karachi.

Leave a Reply